Sabtu, 06 Oktober 2012



Tips Ampuh: Sukses Menghadapi Sidang Skripsi

1. Pelajari Materi Sidang Terutama Naskah Skripsi Kita. Pelajari mata kuliah yang berhubungan dengan skripsi kamu. Pertanyaan dari penguji pasti tidak jauh-jauh dari skripsi kamu. Yang paling utama, camkan dalam pikiran, bahwa kamu adalah orang yang membuat sendiri naskah skripsi kamu itu (dan sudah puluhan/ratusan kali membaca naskah tersebut), jadi kamu pastinya ingat & paham isi tulisan kamu itu. Selama tenang, kamu pasti bisa menjawab semua pertanyaan dari mereka. Siapkan bahan pembuka sebagus mungkin yang mencakup kesimpulan isi skripsi kamu. Jangan lupa latihan selama beberapa hari sebelum sebelum maju sidang.

PENTING: Istirahat dan makan yang cukup satu hari menjelang sidang, jangan sampai kelaparan atau kekenyangan saat akan maju ke dalam ruang sidang.

2. Pertahankan Argumentasi. Cobalah untuk mempertahankan argumentasi ketika dicerca tim penguji, karena dosen bisa melihat apakah kamu benar-benar melakukan penelitian atau tidak. Tapi jangan sampai bersikap defensif (terlalu membela diri dengan cara apapun). Karena hal tersebut bisa membuat suasana sidang menjadi ‘panas’ karena perdebatan. Ada kalanya kamu harus menerima pendapat mereka sebagai masukan skripsi kamu.

4. Sportif. Sikap sportif tidak hanya ada pada kamus olahraga, pada sidang skripsi pun kamu harus dapat bersikap sportif. Kalau kamu tidak bisa menjawab, jujur saja kamu sampaikan bahwa kamu memeng tidak tahu. Yang penting tetap tenang, karena sekalinya kamu tegang dan grogi, kamu bisa blank di depan para dosen penguji.

3. Cairkan Suasana. Tanya senior kamu tentang karakteristik dosen penguji yang terlibat dalamskripsi kamu. Untuk mencairkan suasana, (walau metode ini harus sangat hati-hati penerapannya) kamu bisa membawa camilan atau kue-kue kecil untuk para dosen penguji ketika sidang berlangsung. Secara personal, beberapa dosen penguji menyukai hal tersebut dan akan menilai ‘keluwesan’ kamu. Tapi jangan sampai hal ini seakan-akan masuk dalam ‘gratifikasi’ alias sogokan.

4. Gunakan poin untuk bahan presentasi. Usahakan dalam slide presentasi tidak ada kalimat-kalimat yang terlalu panjang. Buatlah poin-poin penting dari setiap materi presentasi sebagai bahan yang akan dipresentasikan, sehingga anda tidak membaca slide presentasi tapi menjelaskan dari poin-poin tersebut. Desain presentasi juga sebaiknya disiapkan yang tidak terlalu ramai gambar, font berukir-ukir atau clip art animasi. Upayakan desain yang simple dan elegan. PENTING: Selalu sedia Plan B (bersiap gunakan OHP Proyektor) jika presentasi PPT tidak tersedia dan Plan C Print Out setiap Slides dalam satu lembar A-4 (jaga-jaga jika listrik padam).

5. Perhatikan waktu bicara (presentasi). Jangan keasyikan berbicara terus tanpa ingat waktu. Perhatikan waktu yang diberikan, biasanya diberikan waktu 20-30 menit oleh penguji untuk mempresentasikan skripsi kamu. Gunakan waktu tersebut seefektif mungkin. Jangan terlalu cepat dan jangan juga terlalu lama (bertele-tele).

6. Kontrol suara & intonasi. Usahakan suara kamu tidak terlalu keras dan juga terlalu pelan. Perhatikan kondisi ruangan, jika ruangan sidang besar, kondisikan suara kamu agar terdengar oleh penguji. Begitu juga jika ruangan sidang kecil, pastikan penguji dapat mendengar suara kamu dengan jelas, tidak terlalu keras selayaknya di aula besar.

7. Perhatikan bahasa penyampaian. Dalam penyampaian presentasi, gunakanlah bahasa indonesia dengan ejaan yang sudah disempurnakan. Hindari pemilihan kata-kata diluar EYD, seperti kata-kata gaul yang biasa kita gunakan sehari-hari. Hal ini biasanya mempengaruhi penilaian, walau tidak besar nilainya, lumayan untuk menambah 'ke-hampir-sempurnaan' sidang kita.

8. Perhatikan penampilan. Usahakan penampilan kamu rapih dari ujung rambut sampai ujung kaki (atau sepatu, hehehe). Dengan ini penguji pun akan merasa nyaman melihat kamu. Di setiap fakultas/jurusan, kadang ada dress-code yang harus diikuti ketika sidang skripsi. Patuhilah dress-code tersebut, dengan menggunakan pakaian yang tidak mencolok seperti mengenakan kebanyakan aksesoris.

9. Persiapkan perangkat pendukung. Tidak lucu, kan, jika di tengah-tengah presentasi laptop kita tiba-tiba mati? Atau infocus tidak menampilkan gambar? Sebaiknya persiapkan perangkat pendukung presentasi sebelum kamu presentasi. Cek dan ricek dan pastikan semua perangkatnya berjalan sebagaimana mestinya.

10. Banyak berdoa. Jangan lupakan hal yang satu ini. Berdoalah agar diberi kelancaran dalam menghadapi sidang. Berusahalah sebaik mungkin dan serahkan semuanya kepada Tuhan…

11. Saling menyemangati dengan teman. Ada baiknya untuk saling memberi semangat antara personil yang sidang di hari yang sama (terutama teman sekelas di kampus). Walau mereka (teman-teman tersebut) tidak berada di dalam ruang sidang untuk memberi semangat, doa dan harapan mereka dan kamu sama: Sukses presentasi, mampu menjawab/merespon pertanyaan penguji dengan baik dan selesai sidang dengan nilai A. Amiin... Saling menyemangati akan menghangatkan suasana hati kita. Percaya deh!

Semoga tips-tips diatas bisa bermanfaat khususnya bagi yang akan menghadapi sidang… Good Luck…

Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar: